RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
BERKARAKTER
Nama sekolah : SMK IT MATHLAUL ANWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI (Sebelas) / 2
Alokasi Waktu :
2 x 45menit (1x Pertemuan)
Pertemuan :
1
Standar Kompetensi: 2.5 Berkomunikasi Dengan Bahasa Inggris Setara Level Elementary
Kompetensi Dasar : 2.5
Mengungkapkan berbagai macam maksud hati
Indikator : Ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan digunakan dengan tepat
1.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran, siswa dapat:
F Memahami Ungkapan Penggunaan Giving And Responding An
Invitation
F Memahami Penjelasan Giving And Responding An
Invitation
F Memahami Pertanyaan
Tentang Giving And Responding An
Invitation
2. Materi
Pembelajaran
a. Communication Practice
F Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan :
Expression of giving and
responding an invitation
b. Grammar Practice
1. Words and expression used in giving an invitation
-
Do yo want to come to my party
tonigt?
-
Would you like to come to my party tonigt?
-
Would you mind coming with me to the music concert?
-
Do you want a seat near me?
2.Words and expression
used Responding an invitation
- I’m pleased to do that
- With pleasure
- Thanks for your
invitation
- Yes that would be nice
- Yes I’d love to
3.
Metode Pembelajaran: CTL
(Contextual Teaching and Learning)
4.
Langkah-Langkah Kegiatan
A.
Kegiatan Awal 10
menit
a.
Memberikan
salam
b.
Tegur sapa
c.
Mengabsen
d.
Memotivasi
siswa agar terarah pada situasi pembelajaran
B. Kegiatan Inti
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Nilai Budaya Karakter Bangsa
|
Waktu
|
|
Eksplorasi
|
F
Siswa
menyimak penjelasan yang di jelaskan oleh guru
F
Siswa
membaca ulang Ungkapan-ungkapan yang berbentuk Expression of Giving and Responding an Invitation
|
Rasa ingin
tahu
Kerja
keras
|
20 menit
|
|
Elaborasi
|
F
Siswa
menulis /membaca Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan Undangan
F
Siswa
dapat mengekspresikan ungkapan yang berbentuk undangan (invitation)
|
Kerja keras
Mandiri
|
30 menit
|
|
Konfirmasi
|
F
Siswa
dapat menggunakan ungkapan-ungkapan yang berbentuk undangan (invitation)
F
Siswa
mampu membuat ungkapan berbentuk undangan (invitation)
|
Komunikatif
Kerja keras
Peduli sosial
|
20 menit
|
C. Kegiatan Penutup 10
menit
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
F Memotivasi siswa agar mau belajar
F Salam penutup
5.
Sumber Belajar
F
English for SMK
IT MATHLAUL ANWAR
F
MODUL
F
Kamus Bahasa
Inggris
6.
Penilaian
A. Instrumen
Make a conversation with your friend about expression of giving and
responding an invitation and practice it !
The model of the dialogue :
Sarah : Hi Lia ! How are
you ?
Lia : Hi Sarah ! I’m
fine. How about you ?
Sarah : I’m fine too. By
the way, would you like to come to my party tonight?
Lia : Oh...with
pleasure.
Sarah : OK. See you
tonight.
Lia : See you too.
B. Pedoman Penilaian
Jumlah nilai keseluruhan
100
C.
Rubrik Penilaian
|
Nilai
|
Score
|
Aspek Penilaian
|
|
85 – 100
|
A
|
Intonasi, pronounciation, jelas dan lancar
|
|
70 – 84
|
B
|
Intonasi, pronounciation, cukup jelas dan dapat dipahami
|
|
60 – 69
|
C
|
Intonasi, pronounciation, kurang jelas tapi dapat dipahami
|
|
45 – 59
|
D
|
Intonasi, pronounciation, kurang jelas dan tidak dapat
dipahami
|
|
> 45
|
E
|
Tidak dapat dipahami sama sekali
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar